SELAMAT DATANG!!! SELAMAT BERBELANJA ONLINE DI STOCKIST NASA B.1722 MELAYANI PEMBELANJAAN DISTRIBUTOR MAUPUN KONSUMEN SERTA MELAYANI PENDAFTARAN MEMBER DISTRIBUTOR NASA

TEKNIK BUDIDAYA TERNAK AYAM KAMPUNG DENGAN VITAMIN ORGANIK NASA

TEKNIK BUDIDAYA TERNAK AYAM KAMPUNG

Hingga saat ini, sebagain besar cara beternak ayam kampung yang dilakukan oleh peternak di Indonesia masih saja seperti zaman dahulu, yaitu dengan diumbar. Ayam hanya dibiarkan berkeliaran di sekekliling rumah atau pekarangan dan mencari makan sendiri. Cara beternak seperti ini sungguh tidak memiliki nikai ekonomis jika tujuan pemeliharann untuk usaha atau profit oriented. Teknik Budidaya Ternak Ayam kampung  secara insentif menjadi hal wajib untuk mendatangkan keuntungan yang lebih sebagai sebuah bisnis peternakan. Cara budidaya ayam kampung secara insentif memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah lebih mudah dalam melakukan kontrol terhadap penyakit.
Untuk mencapai keberhasilan dalam usaha budidaya ayam kampung secara intensif ini diperlukan manajemen ata tata kelola yang baik dan benar. Ada beberapa faktor yang menjadi penentu keberhasilan usaha budidaya ayam kampung secara insentif.

Tekni Budidaya Ternak Ayam Kampung
1. PEMILIHAN BIBIT AYAM KAMPUNG
Bibit ayam kampung atau lebih dikenal dengan DOC merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Jika tujuan pemeliharaanayam kampung untuk tujuan diambil daging, maka memilih DOC dari keturunan ayam yang bertubuh besar dan pertumbuhan yang cepat diprioritaskan. Selain itu waktu penetasan bibit ayam kampung (DOC) harus tepat waktu (21hari) tidak terlalu cepat atau terlalu lama. Ciri-ciri DOC yang memiliki kualitas bagus antara lain berdiri tegap, sehat dan tidak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu bersih dan mengkilap. jangan lupa memberikan vaksinasi sesuai usia DOC.
2. MASALAH PAKAN AYAM KAMPUNG 
Pakan pada ayam kampung memegang peranan yang cukup penting dalam menentukan pertumbuhan ayam kampung. MEski demikian sebenarnya pakan untuk ayam kampung tidaklah serumit pakan untuk ayam lain seperti ayam broiler, ayam petelur dan lain-lain. Bahan pakan yang bisa diberikan antara lain : Konsentrat, dedak, jagung. Selain makanan pabrikan tersebut bisa juga diberikan pakan alternatif seperti sisa dapur/warung, soti BS, mie instant, bihun BS, dan lain sebagainya. Pakan alternatif tersebut cukup bisa menghemat biaya produksi sehingga keuntungan usaha ayam kampung bisa meningkat. Yang terpenting dalam menysun ransum untuk ayam kampung harus memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam kampung yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolisme (EM) sebesar 2500Kkal/kg.
Untuk jumlah pakan yang diberikan untuk ayam kampung disesuaikan dengan usia ayam kampung itu sendiri sebagai berikut :
  • 7 gr/hari sampai umur 1 minggu
  • 19 gr/hari sampai umur 2 minggu
  • 34 gr/hari sampai umur 3 minggu
  • 47 gr/hari sampai umur 4 minggu
  • 58 gr/hari sampai umur 5 minggu
  • 66 gr/hari sampai umur 6 minggu
  • 72 gr/hari sampai umur 7 minggu
  • 74 gr/hari sampai umur 8 minggu
Selain makanan, ayam kampung memerlukan minuman. Minuman diberikan secara tidak terbatas, disediakan wadah untuk minuman, jika habis ditambahkan lagi.

Untuk mendukung keberhasilan budidaya ayam kampung, PT NATURAL NUSANTRA (NASA) mengeluarkan serangkaian produk yang sangat bermanfaat bagi peningkatan produktivitas peternakan ayam kampung, baik dari segi kualitas, kuantitas dan efktivitas. Produk tersebut di antaranya VITERNA, POC NASA dan HORMONIK.

VITERNA PLUS merupakan suplemen khusus ternak dengan kandungan :
  • Mineral-mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang, organ luar dan dalam, pembentukan darah dll.
  • Asam-asam amino utama seperti arginin, histidin, Isoleucine, Lycine, Methionine, Phenylalanine, Threonine, Thryptophan dan Valine sebagai penyusun protein untuk pembentukan sel, jaringan, dan organ tubuh.
  • Vitamin-vitamin lengkap yaitu A,D,E,K,C dan B komplek untuk kesehatan dan ketahanan tubuh.
Pemberian POC NASA yang mengandung berbagai mineral penting untuk pertumbuhan ternak, seperti N,P,K,Ca,Mg,Fe dan lain-lain serta dilengkapi protein dan lemak nabati, mampu meningkatkan pertumbuhan ternak ayam kampung, ketahanan tubuh ayam, mengurangi kadar kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran. Untuk hasil lebih optimal, pemberian POC NASA disarankan ditambah dengan HORMONIK.
HORMONIK berperan sebagai zat pengatur tumbuh, dimana keberadaannya akan sangat penting dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ternak ayam. Sehingga budidaya ternak ayam kampung bisa dilakukan dalam waktu lebih singkat tetapi tetap mendapatkan hasil yang optimal.

Pemakaian VITERNA, POC NASA dan HORMONIK bisa dilakukan sebagai campuran air minum yang diberikan sepanjang hari. Bisa pula dicampurkan sebagai pembasah pada pakan konsentrat.
3. SISTEM KANDANG AYAM KAMPUNG  
Ada tiga macam kandang yakni kandang Box, kandang Postal, kandang Baterai. Kandang Box sebagai tempat pemeliharaan anakan ayam kampung unggulan atau DOC. Disebut kandang box karena bentuknya yang memang kotak.
Dalam kandang box ukuran 1x1 m dapat diisi sebanyak 40-45 DOC. Lama pemeliharaan DOC dalam kandang box +- 20 hari. Untuk menjaga kehangatan kandang diberikan lampu pada kandang box dengan suhu 30-31 derajat celcius.
Memasuki hari ke 21 ayam kampung dipindah ke kandang pembesaran atau kandang postal. Ukuran kandang postal menyesuaikan dengan jumlah ayam kampung yang dipelihara. Kandang postal ukuran 5x20m bisa diisi sebanyak 1.200 ekor ayam kampung unggulan. Lama pemeliharaan dalam kandang postal ini adalah ketika ayan kampung unggulan berumur 21 hari sampai waktu panen.
Lokasi kandang yang ideal adalah memiliki jarak dengan permukinan minimal 5 m, tidak lembab, sinar matahari pagi hari dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. Sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar tidak berhembus langsung ke dalam kandang.
Sebelum kandang diisi dengan ayam kampung, perlu dilakukan penyucihamaan dengan disinfektan yang tidak berbahaya bagi ayam.

4. PENGENDALIAN PENYAKIT AYAM KAMPUNG 
Penyakit ayam kampung kerap kali menimbulkan masalah dan kerugian yang besar. karen aitu pengendalian dan pencegahan penyakit penting untuk dilakukan. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit antara lain :
  • Menjaga sanitasi lingkungan kandang. peralatan kandang dan manusianya. 
  • Pemberian pakan yang fresh dan sesuai kebutuhan ternak
  • Melakukan vaksinasi secara teratur
  • Pemilihan lokasi peternakan didaerah yang bebas penyakit
  • Manajemen pemeliharaan yang baik
  • Kontro terhadap binatang lain 
Dengan pemeliharaan ayam kampung secara insentif dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan daging ayam kampung yang semakin meningkat.

INFO PEMESANAN VITAMIN ORGANIK NASA SILAHKAN HUBUNGI :
  • BUDIANTO NASA TELP/WA : 0819-0263-9545
  • KLIK TOMBOL WHATSAPP DIBAWAH INI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEKNIK BUDIDAYA TERNAK AYAM KAMPUNG DENGAN VITAMIN ORGANIK NASA"

Posting Komentar